apakah buku siswa boleh ditulisi?

Bu guru, apakah buku ini boleh dibawa pulang? o, jangan di simpan di laci saja.
Bu guru, apakah bukunya boleh di tulisi? O... tidak boleh.

Masih banyak guru, siswa, atau orang tua siswa yang tidak tahu fungsi dari buku siswa. Guru banyak yang belum paham kalau buku siswa dapat digunakan sebagai LKS, sehingga sebagian dari mereka masih memungut untuk membeli LKS terbitan dari penerbit tertentu. hal ini tentu tidak sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh kemdikbud. siswa sebagai peserta didik tentu saja mengikuti apa yang di anjurkan oleh guru, begitupun orang tua. itu semua karena sosialisasi yang masih kurang sampai ke tingkat bawah.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran, di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya.

Berikut ini diantaranya fungsi Buku Siswa di SD yang kami yang ada di Buku Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
1. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran 
Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya. Misalnya, ayo amati, ayo bacalah, ayo berlatih, ayo lakukan, dan ayo bertanya.
2.Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua 
Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Diharapkan orang tua berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
3.Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.
4.Penilaian dan Portofolio 
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.
5.Media Komunikasi antara Guru dan Siswa 
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
6.Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa 
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.
6. Refleksi Diri Terhadap Kegiatan Pembelajaran 
Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan. Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2014/06/kedudukan-dan-fungsi-buku-siswa-kurikulum-2013.html#ixzz3B6eZvO6W
Previous
Next Post »